4 Apr 2009

PULAU BERHALA -TANJABTIM







































































KitaJambi,Pulau Berhala yang terletak di Selat Berhala tak bisa dilepaskan dari simbol kebesaran Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pulau yang terdiri dari gugus tiga pulau kecil dengan luas sekitar 0,25 hektar sampai 0,5 hektar mengelilinginya. Air lautnya biru dan jernih. Pantainya yang landai dilapisi oleh hamparan pasir berwarna putih bersih dan pada beberapa tempat berbatu. Untuk mendapatkan air tawar yang segar dan tidak berbau cukup dengan menggali sumur yang berjarak 10-15 meter dari bibir pantai.
Sumber daya alam yang dimiliki oleh pulau yang sempat berstatus quo karena diperebutkan oleh provinsi Jambi dan provinsi Riau ini adalah perikanan dari laut yang mengelilinginya. Selain itu adalah pariwisata bahari, seperti memancing, menyelam, dan berlayar, karena keindahan pantai dan air lautnya yang biru. Khusus untuk kepentingan pariwisata bahari, Pulau Berhala memerlukan penataan, sentuhan, dan pembangunan berbagai fasilitas. Seperti sarana transportasi laut, dermaga, sarana komunikasi, pondok wisata, dan sebagainya. Sebagian besar dari luas pulau yang 200 hektar ini merupakan wilayah kosong, berbatu, dan pasir kuarsa. Pada beberapa bagian hanya ada sedikit pohon kelapa.
Untuk bisa sampai ke tempat ini bisa ditempuh dengan kapal feri cepat atau speed boat dari Kota Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat. Dengan lama perjalanan lebih kurang dua jam perjalanan kita sudah sampai di pulau ini. Alternatif lain menuju Berhala adalah dari Muara Sabak. Jarak tempuh BBerhala dari Muara Sabak sekitar satu setengah jam. Jarak terdekat adalah dari Nipah Panjang, cuma membutuhkan waktu tempuh lebih kurang 45 menit perjalanan. Atau jika kita berangkat dari Desa Sungai Itik, Tanjung Jabung Timur, waktu tempuhnya menjadi lebih pendek lagi, cukup 15 menit saja dengan mengendarai pompong.
Meskipun letaknya di tengah-tengah lautan, jangan khawatir jika berkunjung ke pulau ini. Sebab seperti disebutkan di atas, jarak tempuh Berhala dari Desa Sungai Itik hanya seperempat jam saja. Artinya segala kebutuhan sehari-hari bisa diperoleh dari desa ini dengan harga yang tidak jauh beda dengan harga di supermarket atau pusat perbelanjaan. Perairan sekitar Pulau Berhala sangat kaya dengan berbagai jenis ikan permukaan dan ribuan jenis ikan hias. Cocok untuk kegiatan memancing dan penangkapan ikan oleh nelayan. Di pulau ini bamyak dibuat keramba besi untuk menampung ikan hasil tangkapan nelayan sebelum dijual agar harganya tidak jatuh.
Sarana transportasi menuju Berhala pada saat ini memang sangat terbatas. Namun ke depan diharapkan ada kapal feri yang melakukan pelayaran wisata minimal satu kali satu minggu. Jika ini terpenuhi maka penduduk Provinsi Jambi yang umumnya jauh dari pantai, kini memiliki sarana untuk rekreasi ke laut, mengikuti pelayaran wisata bahari. Selain Berhala, sebutan lain untuk pulau ini adalah Pulau Hantu. Sebutan ini khususnya disebutkan oleh orang melayu Jambi. Mitos ini tentu saja cukup menakutkan bagi para pelaut dan nelayan yang ingin singgah maupun melintas disana, bahkan pelaut dan pedagang dari timur tengah juga menamainya sebagai pulau Dakjal. Entah apa yang melatar-belakangi, sehingga muncul mitos yang berbau sinis tersebut, bahkan hingga kini sebagian masyarakat masih menganggapnya sebagai pulau yang masih banyak diliputi misteri.
Konon dikatakan, Pulau Berhala disebut sebagai pulau putusan dari Tanjung Jabung. Pada masa itu dipercayai orang dapat menempuh Pulau Berhala dari Tanjung Jabung hanya dengan berjalan kaki, karena dalamnya air laut hanya sebatas lutut. Terlepas dari itu, memang secara historis berdasarkan bukti sejarah yang dituturkan dalam naskah kuno raja-raja Jambi, keberadaan Pulau Berhala atau pulau “Afgod” kata orang Belanda, disebut sebagai awal sejarah kebudayaan Melayu Islam di Jambi. Di mana pada akhir abad ke sebelas masehi, Ahmad Barus salah seorang dari dua putra sultan Turki menetap di pulau tersebut yang kemudian dikenal dengan sebutan Datuk Paduka Berhalo, yang akhirnya menjadi raja di Jambi setelah mengawini raja perempuan bernama Tuan Putri Selero Pinang Masak. Selanjutnya dari hasil perkawinan tersebut lahirlah raja Jambi yang termashur bernama Orang Kayo Hitam.
Dari perkawinan ini pula diceritakan dalam buku sejarah Jambi, telah mengantarkan Jambi menuju lembaran baru yang sangat berarti terutama bagi perkembangan sejarah Islam Jambi dan dapat dikatakan sebagai proses awal dari munculnya kebudayaan melayu di Jambi.
Memiliki luas sekitar 200 hektar dan dihuni 13 kepala keluarga atau 40 jiwa yang terdiri dari para nelayan, pulau Berhala berada di sebelah utara Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan.Dengan menggunakan kapal motor air yang berkekuatan 35 PK, dengan jarak tempuh 12 kilometer di daerah terdekat dengan Pulau Berhala yaitu Kecamatan Nipah Panjang, hanya memakan waktu tempuh sekita 2 (dua) jam perjalanan.
Dan satu hal yang menarik bagi para pengunjung yang ingin memasuki kawasan Berhala, harus lebih ekstra hati-hati. Apalagi jika keadaan air surut, karena dalam radius beberapa puluh meter sebelum mencapai pulau tersebut banyak terdapat batu-batu granit di bawah permukaan laut.
Tentunya dengan bantuan nelayan setempat atau irang yang sudah memahami jalur masuk ke Pulau Berhala, dengan menyisir kejernihan air lautnya, dapat pula disaksikan pulau-pulau kecil yang menaungi Pulau Berhala di antaranya Pulau Telor, Pulau Laya maupun Pulau Manjin.
Menginjakkan kaki pada dataran pasir yang memanjang adalah sebuah pengalaman yang menarik. Gugusan pulau seakan ditata dengan rapi dan tersusun secara apik, telah membawa khasanah tersendiri sehingga membuat kita tak akan pernah merasa bosan untuk menyatakan keindahannya.
Pulau Berhala sendiri hanya memiliki luas sekitar 65 hektare. Bila dilihat dari kejauhan terkesan cukup angker. Tapi tidaklah demikian jika kita sudah menapaki pantai itu. Panorama pantai yang disertai pasir putih dan terumbu karang semakin memperindah pulau yang pernah diklaim oleh provinsi Riau masuk dalam wilayah kabupaten Dabo ini. Saat ini Berhala dihuni oleh 13 KK (Kepala Keluarga). Mereka inilah yang akan menyambut kita begitu kita tiba di Berhala dengan sapaan ramah khas Melayu-nya. “Mau ke pendopo (home stay) atau mau keliling.”
Pulau ini memiliki banyak saksi sejarah. Di antaranya adalah kuburan keramat datuk Paduka Berhala ayah Orang Kayo Hitam dan meriam milik Belanda. Tentang makam keramat itu banyak sekali memunculkan keanehan. Misalnya, makam yang ditutup dengan kelambu itu sangat sulit untuk dipotret.
Meriam pantai dengan panjang sekitar lima meter dengan luas penampang pada bagian bawah sepanjang 30 sentimeter dan bagian ujung sepanjang 17 sentimeter terletak di atas bukit. Senjata ini konon digunakan untuk mengintai musuh yang mau masuk Pulau Berhala.(humas-tanjabtim)


KOMUNIKASI INFORMASI TERBUKA

My photo
Jambi, Jambi, Indonesia
TEMPAT BERBAGI INFORMASI

www.facebook.com/zainul abidin

MAU LEBIH JELAS,KLIK AJA

TERJADIKAH PEMILU ULANG 2009

NEPENTES

BUAYA KERAMAT MILIK RADEN MATAHER

LEPAS BUAYA KERAMAT DENGAN 5 SAMPAN

LEPAS BUAYA KERAMAT

PAWANG BUAYA KESURUPAN ROH

12 RUKO TUNGKAL TERBAKAR

KORBAN TEWAS DI TERKAM HARIMAU

di tangkap,suami istri jual 150 exstasi

BARANG BUKTI EXSTASI

GANJA KERING SIAP JUAL

1,5 ton ganja kering di tangkap polda jambi

1,5 ton ganja kering di tangkap polda jambi
GANJA 1500 KILOGRAM

zul anggota dewan pks kota,mundur

zul anggota dewan pks kota,mundur

pekerja pijit plus

wanita muda profesi pijit

PESAWAT DI BANDARA SULTAN THAHA JAMBI

HUTAN HABIS AKIBAT BATUBARA

BATUBARA DI JAMBI

BIBIT APA YA,KERJAAN PEMERINTAH JAMBI

sang rocker cipta buku perdana

sang rocker cipta buku perdana
renungan hati

DEPAG JAMBI GELAR UJIAN CPNS

krisis keuangan global,karet lagi turun harga,petani pusing

harga sawit anjlok

harga sawit anjlok

Dompeng membawa Abrasi...

tungkal banjir

DAFTAR JUDUL

INFORMASI TERBUKA


Salam KITA,

KITA ADALAH SEBUAH KOMUNITAS BERSAMA SECARA TERBUKA,UNTUK KEPENTINGAN BERSAMA DAN KITA DITUANGKAN SESUAI POLA PIKIR YANG MAJU TANPA TEKANAN DARI PIHAK MANAPUN.

KITA DENGAN ARTI 'KOMUNIKASI INFORMASI TERBUKA'

KOMUNIKASI SECARA AKTIF INFORMASI BERWUJUD BERITA SEDANGKAN TERBUKA APAPUN ULASAN YANG DPEROLEH SELALU TAMPIL APA ADANYA.

Blog Archive